Apa itu Topi Dalam Sepak Bola?

Apa itu Topi Dalam Sepak Bola?

Makna Dan Sejarah

Dalam sepak bola, topi adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan penampilan internasional seorang pemain untuk negaranya dalam pertandingan resmi. Kata “topi” berasal dari pemberian topi yang sebenarnya kepada setiap pemain – secara tradisional topi dengan lambang nasional di atasnya, meskipun sayangnya, tradisi ini tidak lagi disukai.

Konsep topi sepak bola sudah ada sejak abad ke-19 – ketika pertandingan internasional pertama kali dimulai.

Pertandingan sepak bola internasional resmi pertama dimainkan antara Skotlandia dan Inggris pada tahun 1872, dengan Inggris memenangkan pertandingan 1-0. Tim Skotlandia mengenakan topi biru tua dengan pom pom putih, yang diyakini telah mengilhami istilah “topi” untuk menggambarkan penampilan sepak bola internasional.

Pemberian topi untuk penampilan permainan internasional tersebar luas di awal abad ke-20. Tim tingkat internasional pertama yang memberikan cap adalah Wales, yang memberikan cap kepada tim nasional senior mereka dalam pertandingan melawan Skotlandia. Latihan tersebut segera menjadi populer, dan sebagian besar negara mulai memberikan caps kepada pemain mereka untuk penampilan internasional.

Pemain Masih Mendapatkan Cap

Dalam sepak bola modern, pemain masih mendapatkan topi untuk setiap penampilan pertandingan internasional, meskipun tradisi menampilkan pemain dengan topi fisik sudah tidak digunakan lagi di sebagian besar negara. Sebagai gantinya, pemain dapat menerima medali atau trofi peringatan untuk menandai keterlibatan mereka dalam pertandingan internasional.

Topi sepakbola biasanya diberikan untuk penampilan di pertandingan resmi, seperti kualifikasi Piala Dunia FIFA, kejuaraan regional, dan pertandingan persahabatan antar tim nasional.

Pemain yang telah mendapatkan banyak caps untuk negaranya sering dianggap sebagai legenda sepak bola, dan penggemar serta media merayakan pencapaian mereka. Pensiunan gelandang Mesir Ahmed Hassan memegang rekor jumlah caps terbanyak, yang membuat 184 penampilan untuk tim nasionalnya antara tahun 1995 dan 2012.

Topi Sepak Bola Kehormatan

Pemain terkadang diberikan topi kehormatan untuk kontribusi mereka pada olahraga, meskipun mereka tidak tampil secara resmi untuk negara mereka.

Misalnya, tim pemenang Piala Dunia 1966 Inggris masing-masing diberi cap oleh Asosiasi Sepak Bola Inggris pada tahun 2009, meskipun beberapa anggota tim tidak tampil secara resmi untuk Inggris (tim nasional).

Terakhir, caps adalah tradisi lama dalam sepak bola yang merayakan penampilan internasional seorang pemain untuk negaranya. Sementara praktik pemberian topi fisik kepada pemain sepak bola tidak lagi digunakan, konsep topi tetap menjadi bagian penting dari budaya dan sejarah sepak bola.

Author: Juan Campbell