Kapan Sepak Bola Diciptakan? Dan Siapa yang Menemukannya?

Kapan Sepak Bola Diciptakan?  Dan Siapa yang Menemukannya?

Dapatkah Anda membayangkan dunia tanpa sepak bola? Tak ada habisnya perdebatan soal apakah Ronaldo lebih baik dari Messi atau sebaliknya. Tidak ada kick-off jam 3 sore pada hari Sabtu. Tidak ada momen seperti kemenangan gelar Man City pada tahun 2012. Tidak ada VAR!

Jika Anda hidup sebelum 1863 (yang saya sangat ragu Anda lakukan), Anda akan tahu dunia tanpa sepak bola seperti yang kita kenal sekarang.

Di blog ini, saya akan membawa Anda dalam perjalanan ke asal muasal permainan yang indah – siapa yang menemukan sepak bola dan kapan.

Kapan sepak bola ditemukan, dan siapa yang menemukannya?

Sepak bola secara resmi didirikan pada tahun 1863 oleh apa yang kita kenal sekarang sebagai Asosiasi Sepak Bola Inggris. Seperti yang akan saya bicarakan nanti di blog ini, ini bukanlah konsep sepak bola yang pertama kali dipikirkan.

Sejak sepak bola secara resmi ditemukan pada tahun 1863, sepak bola telah tumbuh dan berkembang seperti halnya dunia telah bergerak ke titik di mana menonton pertandingan sepak bola pada tahun 1863 hampir tidak dapat dikenali oleh kita saat ini.

FA Inggris menyediakan platform bagi dunia untuk membentuk permainan indah ini menjadi olahraga yang disukai miliaran orang di seluruh dunia.

Headline Daily Mail untuk Perang Dunia 1 berhenti untuk pertandingan sepak bola

Selama tahun-tahun awal sepak bola, perang dunia bahkan berhenti pada Natal 1914 ketika tentara Jerman dan Inggris bermain sepak bola melawan satu sama lain – sehari setelah dan sehari sebelumnya mereka memiliki rencana untuk saling menembak.

Apa rekor sepak bola paling awal?

Meskipun kami orang Inggris suka menyombongkan diri bahwa kami menemukan sepak bola (oleh karena itu, kami harus memiliki hak untuk menjadi yang terbaik), gagasan menendang bola muncul jauh lebih awal daripada abad ke-19 di Inggris.

Tepatnya 2.069 tahun sebelumnya.

Ya, rekor “sepak bola” paling awal adalah pada tahun 206 SM, yang dikenal sebagai “cuju” di Tiongkok. Anda tidak akan mempercayainya, tetapi cuju diterjemahkan menjadi “kickball” dalam bahasa Inggris. Bahkan di tahun 206 SM, tidak ada yang berpikir untuk menyebutnya sepak bola…

Tujuan cuju adalah, seperti saat ini, untuk menendang bola ke gawang.

Menariknya, ketika saya mengunjungi Chichen Itza pada tahun 2022, pemandu wisata saya menjelaskan permainan Cina yang dimainkan suku Maya pada masanya. Itu juga mengingatkan saya pada sepak bola.

Permainan tersebut melibatkan dua tim (mirip dengan sepak bola) yang bersaing untuk mendapatkan bola ke “gawang” tim lawan (mirip dengan sepak bola). Satu-satunya perbedaan adalah gawang berada 20 meter di atas mereka, dan siapa pun yang memenangkan pertandingan akan terbunuh. Menang (atau sekarat) dianggap terhormat oleh suku Maya, tapi untungnya tidak terlihat di sepak bola modern.

Saya tidak bisa membayangkan VAR memutuskan apakah 1mm bahu Harry Kane offside layak mati.

Klub Sepak Bola Terlama Dan Terbaru

Didirikan pada tahun 1857, Klub Sepak Bola Sheffield diakui oleh FIFA sebagai klub sepak bola tertua di dunia yang masih bermain sampai sekarang. Mereka bermain dengan aturan mereka sendiri – secara harfiah!

Sheffield FC bermain di bawah aturan permainan Sheffield, yang mencakup peraturan seperti:

● Pemain diizinkan untuk menangkap bola jika tidak memantul ke tanah

● Lemparan ke dalam diberikan kepada tim pertama yang menyentuh bola setelah bola keluar dari permainan

● Gol hanya bisa dicetak dengan menendang

Saya kira jika Anda adalah klub sepak bola resmi pertama yang ada, Anda dapat membengkokkan aturan menjadi apa pun yang paling cocok untuk Anda. Mereka bahkan berhasil mencapai No.2 di daftar stadion sepak bola tertua kami.

Namun, ketika FA Inggris berkembang pesat dan lokasi lain di seluruh negeri mendirikan klub sepak bola mereka sendiri, Sheffield FC akhirnya dimainkan oleh aturan FA pada tahun 1878. Aturan FA telah ada sejak tahun itu tetapi telah diperluas, disempurnakan, dan berubah hampir setiap tahun sejak itu.

Dari klub sepak bola tertua hingga klub baru tanpa nama lokasi – masukkan Hashtag United.

Hashtag United adalah contoh nyata dari perkembangan game modern dan media digital. Klub menggunakan penonton online yang cukup besar untuk dengan cepat naik melalui liga yang lebih rendah di Inggris – mereka bahkan memenangkan divisi regional mereka di tingkat 8 musim lalu.

Evolusi Game Sepak Bola

Pertandingan sepak bola awal

Sangat gila untuk berpikir bahwa pemain outfield diizinkan untuk menangkap bola ketika sepakbola pertama kali ditemukan. Jika Anda bisa kembali dan menonton pertandingan sepak bola pada tahun 1863, Anda tidak akan tahu apa yang sedang terjadi!

Tahun demi tahun, sepak bola telah tumbuh dan berkembang sesuai dengan semua orang yang terlibat. Namun, belakangan ini, game yang indah itu dinodai dengan tanda-tanda korupsi dan keresahan di kalangan penggemar.

Itu karena sepak bola sekarang lebih merupakan bisnis dalam genre hiburan daripada olahraga.

Ada begitu banyak uang yang terlibat dalam permainan hari ini sampai-sampai semuanya, kurang lebih, berkisar pada pertanyaan, “Bagaimana kita bisa menghasilkan uang dari ini?”.

Namun, pada intinya, momen keindahan tetap menjadi alasan penggemar di seluruh dunia menyukai olahraga ini – dengan jutaan penggemar menonton pertandingan Piala Dunia atau Piala FA.

Perasaan yang Anda dapatkan saat tim Anda mencetak gol kemenangan atau mengangkat trofi memiliki kekuatan untuk membuat Anda melupakan semua korupsi, keputusan VAR yang mengerikan, dan harga tiket Anda. Sepak bola benar-benar permainan yang indah.

Ringkasan

Sebenarnya, asal muasal sepak bola sangat kompleks dengan berbagai budaya yang berkontribusi terhadap perkembangannya selama berabad-abad. Meskipun mungkin tidak mungkin untuk mengidentifikasi satu penemu sepak bola seperti yang kita kenal sekarang atau di mana sepak bola dimulai, yang jelas sepak bola telah menjadi olahraga global – dinikmati oleh miliaran orang di seluruh dunia.

Apakah Anda seorang penggemar Liga Premier atau hanya menikmati bermain bola dengan teman-teman, sepak bola akan tetap ada. Jadi lain kali Anda melangkah ke lapangan, ingatlah bahwa Anda mengambil bagian dalam tradisi yang telah berlangsung ratusan tahun (mungkin ribuan).

Mungkin Anda akan membuat sejarah sepak bola sendiri suatu hari nanti!

PS. Jika Anda berasal dari Inggris, Anda dapat mencoba menyombongkan diri bahwa Anda berasal dari negara yang sama yang menemukan salah satu olahraga paling populer di dunia – bahkan jika negara Anda hanya memenangkan satu trofi utama sepanjang sejarahnya.

Dan sebagai penggemar sepak bola (dan pemain) saya ingin berterima kasih kepada Asosiasi Sepak Bola Inggris tahun 1863 karena telah menciptakan sepak bola!

Author: Juan Campbell